Pengidap Penyakit Hepatitis A di Kabupaten Bogor Meningkat Pada Musim Hujan

Terkait maraknya kasus hepatitis di wilayah Bogor, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bogor, Jawa Barat, meminta masyarakat agar waspada terhadap penyakit mematikan ini. Seperti diberitakan puluhan mahasiswanya Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) terjangkit penyakit Hepatitis A sejak dua pekan lalu. Pihak IPB kemudian memberlakukan Keadaan Luar Biasa (KLB) Hepatitis. Dihimbau kepada warga Bogor agar siaga karena pengidap penyakit hepatitis A di Kabupaten Bogor meningkat terutama di musim hujan.

Pengidap Penyakit Hepatitis A di Kabupaten Bogor Meningkat Pada Musim Hujan

Kampus IPB bukan hanya satu satunya yang terkena wabah hepatitis A, kasus penyakit hepatitis A di Kabupaten Bogor juga menyerang 95 santri Darul Muttaqien di wilayah Parung, Bogor, Oktober lalu. Penyakit hepatitis bisa menjadi ancaman karena dapat menyerang siapa saja. Akan tetapi, penyakit ini dapat disembuhkan dengan meminum obat sesuai anjuran dokter.

Tercatat ada sekitar 28 mahasiswa IPB terjangkit penyakit hepatitis A di Kabupaten Bogor bahkan ada salah satu mahasiswinya yang meninggal dunia, namun belakangan diketahui almarhumah yang bernama Senna Desvia Hutapea,19 tahun, meninggal bukan karena hepatitis A melainkan hepatitis B.
"Berdasarkan keterangan dokter dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, almarhumah terkena penyakit Hepatitis B. Sebab kalau Hepatitis A masih bisa pulih," kata Direktur Kemahasiswaan IPB, Sugeng Santoso, seperti yang dikutip dari sindonews
Adapaun penyebab penyakit karena virus hepatitis A yang dapat menyebar dengan sangat mudah. Cara penyebaran utamanya adalah melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh tinja pengidap hepatitis A. Sekitar 17 mahasiswa IPB masih dirawat intensif di Rumah Sakit Karya Bhakti Pertiwi, umumnya mahasiswa pengidap penyakit hepatitis A di Kabupaten Bogor itu tinggal di asrama kampus dan kos-kosan di area kampus.

Dinkes  Kabupaten Bogor  akan melakukan kaporisasi sumur dan disinfektan di setiap indekos maupun asrama mahasiswa, sehubungan dengan mewabahnya penyakit Hepatitis A di Kabupaten Bogor apalagi di musim hujan selain diare dan demam berdarah, hepatitis mengintai kita semua.

1 Response to "Pengidap Penyakit Hepatitis A di Kabupaten Bogor Meningkat Pada Musim Hujan"

Termakasih Telah Berkunjung, Semua komentar akan muncul setelah di moderasi untuk mengurangi komentar spam atau menghina pihak lain