Sejarah Bakso Dan Kenapa Dinamai Bakso Jajanan Lezat ini

Hampir semua pasti pernah icip icip jajanan ini namanya cukup singkat Bakso, enak disantap kapan aja dan dimana saja :) terbilang cepat waktu penyajiannya ga jarang orang waktu istirahat kerja terutama karyawan biasa  milih makan bakso ketimbang makanan berat soalnya berpacu dengan waktu.

Tapi tau kah kita sejarah bakso enak yang kita makan? beberapa hari yang lalu panganan lezat ini sempat hilang gara gara harga daging sapi melonjak tinggi. lah kok bawa bawa sapi ya iyalah daging merupakan bahan baku utama membuat bakso. sebut saja Amir pedagang bakso dorong di wilayah Cibinong bilang ga hanya mahal tapi daging sapi sulit didapat.

Sejarah Bakso  Dan Kenapa Dinamai Bakso Jajanan  Lezat ini

Tapi ada pedagang yang kreatif dengan cara membuat bakso pakai daging ayam atau ikan juga bisa tapi hasilnya sama rasanya  sedikit kurang pas. Harga daging sapi sempat sampai angka 140 rb per kilo, ujung ujungnya penjual bakso kena imbasnya mereka bingung mau naekin harga per porsi sama saja dimusuhi pelanggan kalau ga di naekin mereka rugi. Para pedagang bakso juga berharap pemerintah segera cari solusi untuk masalah ini, biar bisa jualan bakso lagi.

Udah dulu kisah pedagang bakso yang lagi pada kebingungan sama harga daging sapi, balik lagi sejarah bakso, makanan ini identik sama daging berbentuk bulat, mie terus ada kuah yang khas. biasanya pedagangnya punya resep bakso yang berbeda jadi ya rasanya juga pasti beda. Bakso tercipta di abad  ke-17 di Cina tepatnya di daerah Fuzhou , orang yang bikin pertama kali adalah  Meng Bo. Baksonya laris manis diserbu warga kala itu.

Usut punya usut si Meng Bo awalnya membuat bakso untuk ibunya yang lagi sakit sakitan karena udah tua ibunya ga bisa makan makananan yang keras padahal sang ibu suka sekali yang namanya daging. Meng Bo anak yang berbakti dia mikir gimana caranya membuat makanan dari daging yang keras menjadi bisa disantap ibunya. Uniknya ide cara membuat bakso dia lihat secara ga sengaja ada tetangganya lagi menumbuk beras ketan untuk buat kue Mocchi.

Sejarah Bakso  Dan Kenapa Dinamai Bakso Jajanan  Lezat ini

Rasa penasaran Meng Bo berbuah manis dia tiru dengan menumbuk daging seperti menumbuk beras akhirnya sudah ditumbuk dia coba membuat bulatan bulatan kemudian direbus nah akhirnya sejarah mencatat lahirnya bakso dan ibunya merasa senang bisa makan daging lagi. Berita pun menyebar di kota  Fuzhou saat itu. Banyak orang yang datang cuma untuk belajar resep dan cara membuat bakso. Tapi kok namanya Bakso kenapa ga bakman aja he he sejarah lagi nih tenyata ada dua arti dari dua suku kata BAK dab SO, Bak adalah babi dan So artinya sup.

Eitts tenang itu kan bakso versi Cina yang isinya daging hewan yang haram buat orang muslim, kalau di Indonesia daging baksonya pakai daging sapi jadi jangan takut ga halal yaa. Kisah bakso memang menarik banyak orang yang sukses secara ekonomi dari jualan bakso, hampir disetiap jalan berdiri warung bakso dengan ciri khas masing masing, ga kalah lagi yang jualan pakai gerobak, pikulan lewat depan rumah :).

Tapi masih ada aja cerita miring dari enaknya bakso misalnya maaf bakso daging tikus iiyyyy hilang deh selera makan bakso 3 hari, udah 3 hari lewat saya makan lagi he he, entah isu atau memang benar ada oknum namun yang jelas cerita negatif itu bikin penjual bakso kesal omsetnya turun. Sehingga banyak yang mencantumkan label Halal dari MUI.

Dalam perkembanganya bakso banyak dimodifikasi, seperti bakso ayam, bakso ikan, bakso keju dll. Tadi saya sempat baca baca di Bogor ada bakso enak namanya Bakso Pak Amir lokasinya di jalan Merdeka Bogor, tapi saya belum sempat kesana nanti kalau udah kesana insya Alloh saya kasih fotonya he he Bakso itu buat dimakan bukan buat di foto.

8 Responses to "Sejarah Bakso Dan Kenapa Dinamai Bakso Jajanan Lezat ini"

  1. baru tau ternyata bakso itu awalnya dibuat dari daging babi

    ReplyDelete
  2. baru tau sejarah bkaso ternyata dari Meng Bo ya, berjasa sekali dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. berjasa didunia perbaksoan ya mba :)

      Delete
    2. berjasa didunia perbaksoan ya mba :)

      Delete
  3. ya tapi kalo di Indonesia sudah disesuaikan jadi pake daging sapi

    ReplyDelete
  4. Duh jangan sampe deh makan bakso daging tikus.

    ReplyDelete
  5. iyyy ya mba semoga ga ada pedagang nakal

    ReplyDelete
  6. bakso skrng mendunia,, :)

    ReplyDelete

Termakasih Telah Berkunjung, Semua komentar akan muncul setelah di moderasi untuk mengurangi komentar spam atau menghina pihak lain